Belajar Bersama Dunia Programing dan DatabaseBelajar dulu biar lebih ngerti dan lebih nyaman

Jumat, 08 Agustus 2014

Struktur Program C#.Net


C# adalah salah satu bahasa pemograman milik Microsoft, buat kalian yang sudah mempelajari java atau bahasa pemrograman berobjek (OOP) yang lain pasti akan sangat mudah mempelajari bahasa pemograman C#, karena pada dasarnya memiliki konsep yang sama, hanya terdapat beberapa perbedaan sintaks saja. Sebelum lebih lanjut mempelajari bahasa pemograman C#, ada baiknya kita mengetahui seperti apa sih struktur bahasa pemrograman C#.

Berikut ini adalah struktur dasar bahasa pemograman C#:
1. Namespace declaration
2. A class
3. Class methods
4. Class attributes
5. A Main method
6. Statements & Expressions
7. Comments

Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita lihat struktur di atas langsung ke dalam bahasa C#:

using System;
namespace MyFirstApplication
{
       class FirstApp
       {
             static void Main(string[] args)
             {
                   /* My first program C# */
                   Console.Writeline("Hello, ini adalah program pertamaku");
                   Console.ReadKey();
              }
        }
}

Saat kita menjalankan kode program di atas, maka hasilnya adalah:

Hello, ini adalah program pertamaku

Berikut ini adalah penjelasan dari struktur program di atas:

  • Baris pertama program adalah using System: Keyword using digunakan untuk menyertakan System namespace ke dalam program. Program pada umumnya menggunakan beberapa using.
  • Baris selanjutnya adalah deklarasi namespace: Namespace merupakan kumpulan atau koleksi kelas, namespace MyFirstApp memiliki kelas yang bernama FirstApp.
  • Baris selanjutnya adalah deklarasi kelas: Kelas FirstApp berisi data dan definisi metode yang digunakan di dalam program. Kelas pada umumnya memiliki beberapa metode dan metode yang menentukan perilaku setiap kelas, tapi di program ini hanya terdapat satu metode.
  • Baris berikutnya mendefinisikan Main method, yang merupakan entry point untuk semua program C #. Main method yang menentukan kelas mana yang akan di eksekusi terlebih dahulu.
  • Baris berikutnya /*...*/ akan diabaikan oleh compiler dan telah dimasukkan untuk menambahkan komentar tambahan dalam program ini.
  • Main method menentukan perilakunya dengan pernyataan Console.Writeline("Hello, ini adalah program pertamaku");
    WriteLine adalah metode dari kelas Console didefinisikan dalam namespace System. Pernyataan ini menyebabkan pesan "Hello, ini adalah program pertamaku" yang akan ditampilkan pada layar.
  •  Baris terakhir Console.ReadKey (); adalah untuk Pengguna VS.NET. Hal ini membuat menunggu program menekan tombol dan mencegah layar dari berjalan dan menutup cepat ketika program ini diluncurkan dari Visual Studio NET.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Unordered List